Thursday, 15 November 2018

Ringkasan Makalah Lingkungan Belajar Pengertian Belajar dan Fungsi Pembelajaran


A. Pengertian Lingkungan Belajar

Pada hakikatnya belajar adalah suatu interaksi antara peserta didik dengan pendidik atau pengajar dan juga interaksi antara peserta didik dengan lingkungan. Lingkungan menyediakan rangsangan terhadap peserta didik dan pendidik dan kemudian peserta didik dan pendidik memberikan respon terhadap lingkungan dalam hal ini dapat diartikan bahwa lingkungan bertindak sebagai penyedia bahan pembelajaran bagi setiap peserta didik yang ingin belajar. Dalam proses interaksi itu dapat terjadi perubahan pada diri peserta didik berupa perubahan tingkah laku maupun perubahan pola pikir. 

Lingkungan pembelajaran dapat berupa benda–benda, orang–orang, keadaan–keadaan dan peristiwa–peristiwa yang ada disekitar peserta didik yang bisa memberikan pengaruh kepada perkembangannya, baik secara tidak langsung ataupun langsung, baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Disamping lingkungan memberikan pengaruh dan dorongan, lingkungan juga sebuah arena yang memberikan kesempatan kepada kemungkinan–kemungkinan ataupun potensi yang dimiliki seorang peserta didik untuk berkembang.

Adapun lingkungan pembelajaran menurut Saroni adalah segala sesuatu yang sangat berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan. Lingkungan ini mencakup dua hal utama, yaitu lingkungan fisik dan lingkungan sosial, aspek lingkungan tersebut dalam proses pembelajaran harus saling mendukung, sehingga peserta didik merasa betah di sekolah dan mau bersungguh-sunggu mengikuti proses pembelajaran secara sadar dan bukan karena terpaksa.

Menurut Hamalik , lingkungan merupakan dasar pengajaran adalah faktor kondisional yang dapat mempengaruhi tingkah laku individu dan merupakan faktor belajar yang sangat penting. Lingkungan belajar/pembelajaran/pendidikan terdiri dari berikut ini:

  • Lingkungan sosial adalah lingkungan masyarakat kelompok besar atau kelompok kecil.
  • Lingkungan personal temasuk individu–individu sebagai suatu pribadi berpengaruh terhadap individu pribadi lainnya.
  • Lingkungan alam meliputi semua sumber daya alam yang dapat diberdayakan sebagai sumber belajar.
  • Lingkungan kultural mencakup hasil budaya dan teknologi yang bisa dijadikan sumber belajar dan dapat menjadi faktor pendukung pengajaran. Dalam konteks ini termasuk sistem nilai, norma, dan adat kebiasaan.”.

Sehingga dapat dikatakan bahwa lingkungan pembelajaran atau lingkungan pendidikan adalah segala sesuatu yang ada di luar diri peserta didik dalam alam semesta ini baik berupa lingkungan sosial, lingkungan individu, lingkungan alam, lingkungan kultural dan lingkungan sekitar yang digunakan sebagai alat dalam proses pendidikan. Lingkungan-lingkungan ini menjadi wadah dan sumber daya pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan yang optimal dan agar proses pendidikan dapat berkembang secara efektif dan efisien.

B. Fungsi Lingkungan Pendidikan
Secara umum fungsi lingkungan pendidikan menurut Tirtarahardja ialah, untuk membantu peserta didik dalam berinteraksi dengan berbagai lingkungan sekitarnya (fisik, sosial, dan budaya) dan mengajarkan tingkah laku umum serta menyeleksi atau mempersiapkan individu untuk peranan – peranan tertentu”. 

Menurut Hamalik, suatu lingkungan pendidikan/pembelajaran memiliki fungsi-fungsi yaitu:

  • Fungsi psikologis: suatu rangsangan bersumber dari lingkungan yang kemudian peserta didik akan memberikan responnya dengan menunjukkan tingkah laku tertentu. Rangsangan dan respon ini akan terjadi secara terus menerus yang mengakibatkan peserta didik akan menunjukkan tingkah laku tertentu setiap kali rangsangan yang diberikan oleh lingkungan berbeda. Berarti, lingkungan mengandung makna kemudian melaksanakan fungsi psikologis tertentu.
  • Fungsi pedagogis: lingkungan memberikan pengaruh–pengaruh yang bersifat mendidik, khususnya lingkungan yang disiapkan sebagai suatu lembaga pendidikan, misalnya keluarga, sekolah, lembaga pelatihan, lembaga – lembaga sosial. Masing – masing dari lembaga ini memiliki program pendidikan, baik tertulis maupun yang tidak tertulis.
  • Fungsi instruksional : program ini merupakan suatu lingkungan pembelajaran/pendidikan yang dirancang secara khusus. Guru mengajar, materi pelajaran, sarana dan prasarana pengajaran, media pengajaran, dan kondisi lingkungan kelas (fisik) merupakan lingkungan yang sengaja dikembangkan untuk mengembangkan tingkah laku siswa.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Followers

Total Pageviews